Cara Membuka Usaha Warung Kelontong

Cara-Membuka-Usaha-Warung-Kelontong
Gambar dari pinterest

Bagi Anda yang ingin mempunyai usaha toko sembako di rumah, namun masih bingung harus mulai dari mana? Berikut ini kami bagikan beberapa tips cara membuka usaha warung kelontong beserta langkah-langkahnya.

Panduan singkat ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula. Meskipun sebenarnya di lingkungan tempat tinggal kita saat ini sudah sering kita jumpai adanya warung sembako. Baik yang kecil maupun toko serba ada.

Hal itu menjadi indikasi bahwa Anda perlu melirik peluang usaha toko kelontong yang mungkin dapat dijadikan sebagai penghasilan utama maupun usaha sampingan.

Berikut cara membuka usaha warung kelontong

1. Siapkan Modal Usaha

Dari manakah sumber modal usaha toko kelontong? Modal usaha ini bisa berasal dari tabungan pribadi atau menjual aset pribadi yang kita miliki. Jika dirasa masih kurang maka kita bisa pinjam kepada saudara atau mengajukan pinjaman modal kepada Koperasi dan lainnya.

Tapi perlu diingat, bagi yang baru memulai usaha toko kelontong tidak dianjurkan untuk meminjam uang ke bank. Alasannya adalah karena kita belum mengetahui berapa besar omset yang akan kita dapatkan nantinya.

Untuk tahap awal usaha sediakan modal secukupnya saja misal 5 juta atau 10 juta. Dari uang modal tersebut akan kita bagi-bagi sesuai kebutuhan pokok awal membuka toko kelontong.

2. Tempat Untuk Usaha Toko Kelontong

Untuk tempat, kita bisa membangun sendiri atau sewa kios dan ruko yang sudah banyak dibangun di pinggir-pinggir jalan. Anda harus mencari atau sewa kios yang letaknya sangat strategis.

Alasannya karena tempat strategis merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis terutama bisnis offline yang mengandalkan tempat sebagai sumbernya.

Namun biasanya, tempat usaha yang strategis harganya mahal. Maka harus pandai dalam mencari yang harganya terjangkau.

3. Membeli Perlengkapan Toko

Beberapa perlengkapan toko yang harus ada misalnya seperti meja kasir, etalase kaca besar/kecil untuk tempat barang yang akan di jual. Kulkas/freezer untuk tempat minuman dingin/eskrim dan lain sebagainya.

Setelah dirasa cukup maka hal yang paling penting selanjutnya adalah menata toko sembako Anda agar terlihat cantik atau bersih dan rapi agar pembeli merasa nyaman serta mempermudah pembeli dalam berbelanja.

4. Belanja atau Kulakan Barang Dagangan

Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan toko grosir barang dagangan yang tepat untuk menentukan harga jual tiap-tiap barang agar dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Karena hal ini akan sangat erat kaitannya dengan cara penjualan toko kelontong Anda nantinya. Selain itu, ada pilihan lain yang mungkin patut untuk dicoba, yaitu membeli barang dagangan dari petani langsung di lokasi/kebun saat mereka panen. Biasanya ada harga spesial yang bisa Anda dapatkan dari mereka.

5. Menjual Barang dengan Harga yang Murah

Apabila Anda pernah belanja ke toko sembako di tempat koko atau nci pasti paham dengan hal ini. Kenapa harga barang di tempat mereka bisa lebih murah ?

Ya, jawabannya adalah agar jualan mereka tetap laris sepanjang waktu. Jika Anda ingin mencobanya, terapkan saja harga promo dengan mengambil keuntungan yang sedikit serta lakukan cara tersebut secara konsisten.

Tips terakhir, dalam berjualan dan berdagang kita harus melayani pelanggan dan pembeli dengan baik, harus sopan, ramah dan murah senyum.

Kelebihan dan kekurangan usaha toko kelontong

Ada beberapa manfaat dan keuntungan apabila Anda memiliki usaha toko kelontong, antara lain:

  • Mempunyai stok kebutuhan bahan makanan pokok untuk dikonsumsi sendiri setiap waktu
  • Membuka lapangan pekerjaan baru apabila toko Anda sudah cukup besar dan membutuhkan karyawan
  • Dapat dijadikan sebagai bisnis utama atau usaha sampingan dirumah bagi ibu rumah tangga
  • Berpeluang sukses apabila Anda mempunyai lokasi yang strategis serta sumber daya yang mumpuni.

Selain daripada kelebihan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa kekurangan dari usaha toko kelontong, antara lain sebagai berikut:

  • Resiko barang dagangan tidak laku hingga ekspired
  • Persaingan cukup tinggi karena bisnis tersebut cukup populer atau banyak peminatnya
  • Modal yang dibutuhkan relatif cukup besar apabila Anda menginginkan keuntungan yang lebih
  • Harus berada ditempat atau lokasi yang strategis agar ramai pembeli.

Penutup

Itulah beberapa tips cara membuka usaha warung kelontong yang mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda. Semoga pembahasan kali ini dapat berguna sehingga kami akan bahagia karena bisa menjadi salah satu bagian dari kesuksesan Anda di masa depan.

Dahulu untuk meminjam sejumlah uang, kita harus bertatap muka langsung atau datang ke bank untuk mengurus pengajuan. Sekarang semua sudah berubah! Sekarang, semua bisa dilakukan melalui gawai, yakni melalui peer to peer lending (P2P), platform pinjam-meminjam uang secara online. Salah satu yang menyediakan jasa ini adalah Amartha.

Amartha adalah salah satu perusahaan fintech atau teknologi finansial P2P di Indonesia. Perusahaan investasi crowdfunding Indonesia ini menyediakan situs web yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro dan kecil di pedesaan. Lewat perusahaan ini, pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.