4 Cara Memenuhi Kebutuhan Kalori agar Naik Berat Badan

4-Cara-Memenuhi-Kebutuhan-Kalori-agar-Naik-Berat-Badan
Gambar dari Canva

Setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda mulai anak-anak hingga lansia sesuai dengan aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Untuk orang yang gemar melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang menguras energi, maka kebutuhan kalori bisa lebih besar di atas 2100 kalori setiap hari. Kalau kamu adalah perempuan dengan aktivitas sedang, maka kebutuhan kalori harian bisa lebih rendah. Pastikan Anda tahu cara menghitung kalori harian lewat metode BMR yang banyak digunakan, ya!

Tips Meningkatkan Berat Badan Sesuai dengan Kebutuhan Kalori

Ada orang yang kesulitan mengurangi berat badan sebab tidak tahu cara menghitung kalori harian yang dibutuhkan. Terlalu banyak mengkonsumsi kalori dari makanan yang berlebihan tanpa aktivitas fisik yang memadai, maka kalori akan diubah menjadi lemak di perut, paha atau bagian-bagian lain. Tidak heran bila berat badan Anda akan semakin menggemuk dari hari ke hari, ya!

Meskipun demikian, ada pula orang yang terlalu kurus dengan indeks massa tubuh kurang dari 18,4 sehingga perlu penambahan kalori agar punya berat badan yang ideal. Penghitungan berat badan yang ideal sendiri yaitu (tinggi badan-100) – ((tinggi badan-100) x 15 %) untuk perempuan, sedangkan laki-laki dikali 10 persen saja.

Misalnya Anda punya tinggi badan 160 dengan berat badan 45, maka berat badan ideal adalah (160-100)-((160-100)x 15%) =51 kilogram. Maka Anda seharusnya memiliki ukuran berat badan ideal 51 kilogram, lho!

Yuk, simak cara menambah berat badan dengan konsumsi kalori sesuai kebutuhan berikut!

1. Penambahan kalori harian

Hitung berapa kebutuhan kalori harian Anda sesuai dengan metode BMR, misalnya untuk penghitungan perempuan 655+ (9,6x berat badan)+ (1,8 x tinggi badan) – (4,7 x usia), kemudian kalikan 1,2 bila tidak pernah olahraga, 1,3 jarang olahraga dan 1,4  sering melakukan olahraga.

Bila Anda punya kebutuhan kalori harian 2.000, tapi ingin menambah berat badan lebih banyak, sebaiknya tambahkan asupan makanan karbohidrat dan segelas susu setiap hari. Pasalnya, Anda butuh asupan kalori 300-500 kalori. Satu centong nasi putih 175 kalori, sedangkan segelas susu bisa 150-250 kalori. Bila penambahan berat badan ingin lebih cepat dan signifikan, maka tambahkan asupan kalori 700-800 setiap hari.

2. Perhatikan asupan makanan bergizi

Anda tetap harus memperhatikan penambahan berat badan dari konsumsi asupan makanan yang memiliki gizi seimbang mulai karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin, ya! Usahakan melakukan seling makanan berupa camilan sehat bila Anda tidak pernah ngemil selama ini.

3. Hindari konsumsi makanan tidak sehat

Konsumsi gorengan, mi instan, minuman bersoda, dan deretan menu makanan tidak sehat lain memang mengandung kalori tinggi. Namun, Anda harus tahu bahwa penambahan berat badan bisa lebih cepat dengan risiko kesehatan yang buruk. Hindari meningkatkan berat badan lebih cepat dengan konsumsi makanan cepat saji, terlalu banyak gula, garam, dan sebagainya.

4. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi

Orang yang rajin olahraga memang punya kebutuhan kalori lebih besar, tapi usahakan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi fisik Anda. Sebelum memulai program kenaikan berat badan, konsultasikan dengan dokter spesialis gizi untuk tetap mendapatkan arahan konsumsi menu harian dengan gizi yang seimbang. Anda jelas tidak ingin tampak gemuk tidak sehat karena terlalu banyak menyimpan lemak, alih-alih berat badan meningkat lebih berisi dan sehat.

Yuk, tingkatkan berat badan Anda dengan mengetahui cara menghitung kalori harian yang sesuai kondisi tubuh! Sehat dan tampak lebih berisi dengan makanan yang bergizi, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.