3 Oleh oleh Labuan Bajo yang Menarik untuk Dibawa Pulang

3-Oleh-oleh-Labuan-Bajo-yang-Menarik-untuk-Dibawa-Pulang
Gambar dari Canva

Oleh oleh Labuan Bajo ada berbagai macam jenis yang menarik sekali jika dibawa sebagai buah tangan dan dibawa pulang. Meskipun tidak ada mal atau butik mewah di Flores, tidak pula amemiliki banyak koleksi ukiran kayu atau lukisan seperti di Bali, namun masih ada beberapa barang bagus untuk dibawa pulang dan dijadikan sebagai souvenir.

Labuan Bajo adalah rumah bagi banyak perajin berbakat yang membuat kenang-kenangan khas Flores untuk dibawa pulang. Dari tenun Ikat yang indah hingga kopi spesial dan banyak lagi, berikut adalah beberapa harta karun yang bisa Anda simpan untuk menghidupkan kembali ingatan Anda tentang pengalaman liburan ke Labuan Bajo atau bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga.

1. Kain Ikat

Ikat adalah teknik tenun yang digunakan di beberapa pulau di Indonesia. Terutama pulau-pulau di NTT yang terkenal dengan tenun ikatnya, termasuk Flores. Setiap kabupaten memiliki polanya masing-masing. Ende, Maumere dan Labuan Bajo memiliki beberapa toko tenun ikat yang dijual juga di pasar. Anda juga bisa membeli langsung dari desa tenun.

Ada banyak sentra tenun Ikat di pulau ini, seperti Watublapi, Nggela, atau Lewokluo. Anda pasti tidak ingin meninggalkan Labuan Bajo tanpa kain tenun tradisional Labuan Bajo yang cantik ini. Setiap kain ikat yang dijual ditenun dan diwarnai secara manual dengan bahan-bahan alami seperti daun, kayu, dan akar. Nah, setiap bagian memiliki pola yang berbeda dan membawa cerita tersendiri.

2. Topi Re’a

Topi Re’a adalah topi tradisional Flores, terbuat dari daun Pandan dan ditenun dengan tangan dalam pola warna-warni yang rumit. Topi kecil bergaya songkok ini unik dan Anda bahkan dapat meminta perajin menenun dengan pola khusus jika ingin.

3. Batu Biru

Di dekat Nangapanda di Kabupaten Ende terdapat beberapa hamparan pantai dengan bebatuan berwarna biru/toska. Permintaan yang cukup tinggi menjadikan batu biru sebagai produk ekspor untuk Bali, tetapi juga untuk negara-negara lain di Asia seperti Jepang, Taiwan dan Korea Selatan. Anda juga dapat mengumpulkan beberapa batu biru sendiri di pantai. Batu biru bagus disimpan dalam air dan dimasukkan ke vas kaca untuk bisa melihat indahnya warna-warna cerah.

4. Flores Arabica

Kopi Arabica Flores yang dikenal secara lokal sebagai kopi Bajawa, disebut-sebut sebagai minuman favorit di kalangan penggemar espresso di seluruh dunia. Kopi khusus ini memiliki rasa yang kuat, dengan sentuhan kayu dan cokelat, dicampur dengan bunga. Anda yang merupakan pecinta kopi, sebaiknya jangan lupa untuk membawah oleh oleh Labuan Bajo satu ini.

5. Madu Flores

Orang Flores telah memanen madu hutan selama berabad-abad dan bahkan menjadikannya sebagai salah satu makanan pokok utama di pulau ini. Madu melon adalah salah satu jenis yang memiliki rasa yang kuat dan khas. Madu Flores bisa menjadi oleh-oleh yang jangan sampai dilewatkan oleh para pecinta madu.

Bagi yang sedang atau merencanakan untuk pergi ke Labuan Bajo, jangan sampai melewatkan buah tangan di atas, Oleh oleh Labuan Bajo di atas sangat khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.