Terjadi Pembengkakan Tagihan Listrik? Mungkin Ini Kebiasaan Buruk Anda!

Terjadi-Pembengkakan-Tagihan-Listrik-Mungkin-Ini-Kebiasaan-Buruk-Anda
Gambar dari Canva

Tagihan listrik yang membengkak untuk pemakaian pascabayar atau prabayar bisa membuat kepala pusing tujuh keliling. Apalagi Anda merasa pemakaian listrik di rumah biasa-biasa saja, tetapi tagihan tetap saja membengkak dari hari biasa. Kenapa, ya? Anda perlu mengkaji ulang beberapa kebiasaan buruk yang membuat tagihan listrik semakin besar. Jangan lupa untuk memanfaatkan promo PLN yang memberikan potongan harga pembelian token listrik yang bisa menghemat biaya listrik bulanan rumah Anda, ya!

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Listrik Naik Terus

Bisa jadi Anda melakukan beberapa kebiasaan buruk yang terdengar sepele, tetapi bisa membuat tagihan listrik membengkak. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang menjadi penyebab biaya listrik di rumah naik tinggi yaitu :

1. Pemakaian lampu pijar berlebihan

Lampu pijar harus segera diganti dengan lampu LED yang lebih hemat listrik atau Anda bisa melakukan penghematan daya dengan mematikan lampu saat tidak diperlukan. Memilih lampu LED yang memiliki watt rendah membantu Anda melakukan investasi jangka panjang. Tidak hanya bisa menikmati promo PLN yang membuat uang Anda lebih hemat, tetapi kebiasaan baik yang membuat tagihan listrik Anda tetap stabil.

2. Kebocoran keran yang tidak segera diperbaiki

Kebocoran keran yang tidak ditangani tukang ledeng dengan baik menjadi pemicu tagihan listrik di rumah Anda meningkat. Tagihan air juga akan membengkak mengingat satu tetes air per menit yang Anda buang, bukan?

3. Pemakaian selang air berlebihan

Menyiram bunga atau tanaman di rumah setiap pagi dan sore bisa membuat energi listrik semakin banyak digunakan. Anda harus membatasi pemakaian air pada musim penghujan, hindari membuang air berlebihan agar sistem sprinkle tetap bekerja optimal.

4. Membuka dan menutup ruangan sembarangan

Ruangan yang memiliki AC harus tertutup dengan baik agar kinerja lebih maksimal. Bila Anda suka membuka pintu atau jendela secara sembarangan maka beban daya listrik di rumah bisa semakin tinggi.

5. Lupa memperbaiki ventilasi di rumah

Ventilasi rumah yang terbuka  atau rusak bisa membuat AC di rumah Anda bekerja lebih keras dalam mendinginkan suhu di ruangan. Tentu daya listrik yang terpakai juga lebih tinggi, bukan?

Pencahayaan alami dari luar ruangan saat siang hari juga bisa membantu Anda mencegah pemakaian daya listrik berlebihan. Buka ventilasi di rumah untuk mendapatkan pencahayaan alami tanpa harus menyalakan lampu. Tentu Anda bisa melakukan hal ini bila di ruangan tidak menyalakan AC, ya!

6. Tidak mencabut perangkat

Kebiasaan buruk tidak mencabut perangkat menjadi penyebab listrik di rumah menjadi lebih besar. Pemakaian perangkat atau kabel yang terhubung dengan saklar tanpa dipakai membuang energi berjam-jam. Biasakan untuk mencabut perangkat bila pengisian daya sudah penuh baik ponsel atau laptop, ya!

7. Pemakaian alat elektronik yang ceroboh

Pemakaian alat elektronik yang ceroboh menjadi salah satu penyebab tagihan terus membengkak, lho! Misalnya Anda suka membuka dan menutup kulkas sembarangan, memakai mesin cuci dengan fitur pengering terlalu sering, membiarkan televisi terus menyala saat tidak terpakai, membiarkan AC menyala saat tidak ada orang di rumah, dan lain-lain.

Dari beberapa hal di atas, mungkin Anda menjadi salah satu penyumbang pemakaian listrik di rumah yang berlebihan. Manfaatkan harga promo PLN yang terjangkau agar pengeluaran listrik bulanan lebih hemat. Kebiasaan pemakaian listrik di rumah baik yang bisa membuat uang Anda lebih aman sekaligus menjaga bumi yang hemat energi, kenapa Anda harus menunda melakukannya mulai sekarang?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.