Memahami Metode Agile untuk Mendukung Kemajuan Bisnis Startup Anda

Memahami-Metode-Agile-untuk-Mendukung-Kemajuan-Bisnis-Startup-Anda
Gambar dari Canva

Startup merupakan bisnis rintisan yang populer beberapa tahun belakangan seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih. Anda yang berencana merintis dan mengembangkan sistem perangkat lunak bersama dengan tim, maka perlu memahami metode agile untuk pengembangan aplikasi ini. Bila metode waterfall dianggap ketinggalan zaman, maka Anda perlu mengaplikasikan metode agile yang lebih menguntungkan untuk perkembangan bisnis startup kedepannya.

Pengertian Agile Software Development yang Perlu Anda Pahami

Agile software development merupakan metode pengembangan aplikasi yang memakai sistem pengerjaan berulang, aturan dan solusi disepakati bersama oleh tim dalam pengembangan tersebut. Model pengembangan yang berbeda dengan metode waterfall yang bersifat tradisional, metode agile dianggap mampu membawa perubahan yang lebih signifikan.

Hal ini dikarenakan metode agile untuk pengembangan aplikasi bisa lebih cepat beradaptasi dengan perubahan sehingga tim yang tengah menyiapkan produk atau jasa bisa mengambil keputusan dengan cepat. Kualitas dan prediksi pengembangan bisnis startup bisa lebih baik sehingga berpotensi mengembangkan usaha semakin besar di era digital.

Manfaat Metode Agile untuk Pengembangan Aplikasi

Supaya Anda bisa lebih paham dalam mengembangkan bisnis rintisan startup, maka simak manfaat menerapkan metode agile dalam mengembangkan aplikasi baru yaitu :

1. Bisa meningkatkan kolaborasi tim lebih maksimal

Alasan utama kenapa metode agile lebih banyak dipilih dalam mengembangkan aplikasi sebab mampu meningkatkan kolaborasi tim lebih baik. Hal ini dikarenakan metode berulang yang sudah disepakati secara terorganisir, bahkan pengembang, vendor dan klien bisa terlibat dalam proses pengembangan tersebut, lho.

2. Bisa meningkatkan produktivitas karyawan

Bagi pengembang sendiri, pemakaian metode agile bisa meningkatkan efisiensi kerja sehingga penghematan biaya dengan SDM terbatas bisa membuat perusahaan lebih untung. Karyawan pun bisa lebih produktif sebab tim yang menangani pengembangan suatu produk atau aplikasi tidak perlu menunggu kinerja tim lain selesai. Tidak heran bila metode agile lebih banyak digunakan dalam mengembangkan perangkat lunak ini.

3. Pengembangan memiliki waktu untuk merencanakan rintisan produk atau jasa lebih matang

Pengembangan perangkat lunak membutuhkan waktu lebih lama agar bisa diluncurkan kepada klien sesuai kebutuhan tanpa kekurangan atau minimal feedback klien bisa membantu proses pengembangan lebih optimal. Namun, Anda yang memakai metode agile dalam pengembangan ini akan mendapatkan keuntungan pengembangan bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

4. Bisa membantu penghematan pengeluaran usaha

Hal ini membuat metode agile sangat disukai oleh vendor yang bisa menghemat anggaran dengan sumber daya manusia yang terbatas. Bila ada perubahan dalam waktu cepat, maka aplikasi bisa merespon dengan cepat dan melakukan perubahan sesuai perkembangan zaman.

5. Bisa membantu peningkatan layanan pada klien

Berkat metode berulang yang bisa beradaptasi lebih cepat dengan perubahan, maka Anda bisa mendapatkan ulasan atau feedback dari pengguna terkait layanan aplikasi. Selama proses pembuatan perangkat lunak tersebut, klien bisa memberikan kritik yang membangun agar perubahan bisa dilakukan lebih cepat dan akurat. Miskomunikasi yang acap terjadi pun bisa ditekan sebaik mungkin.

Dari beberapa manfaat dan kelebihan pakai metode agile untuk pengembangan aplikasi di atas, maka pastikan Anda sudah menerapkannya untuk mengembangkan bisnis rintisan. Manfaat metode agile yang bisa membantu merintis produk atau layanan jasa bisnis startup lebih cepat dan hemat biaya pembuatan aplikasi, kenapa tidak? Anda bisa mengembangkan aplikasi dalam waktu lebih singkat dengan nilai jual yang cukup tinggi lebih fleksibel dan lebih minim risiko atau kesalahan pada program aplikasi tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.